Home » » Kegiatan Gotong Royong bersama warga Pagutan dan Pesinggahan

Kegiatan Gotong Royong bersama warga Pagutan dan Pesinggahan

Kegiatan gotong royong yang digelar diseluruh dusun di Desa Pagutan dimulai, hari ini, minggu tanggal 27 januari yang langsung dipimpin oleh Kepala Desa Pagutan Syamsul Rizal, SH.bersama ketua BPD, Kadus serta seluruh elemen masyarakat. Dusun yang pertama yang melaksanakan kegiatan ini adalah Dusun Pesinggrahan, Pagutan Selatan dan Pagutan Utara. Kegiatan yang dimulai sekitar jam 08.00 mendapat respon positif dari seluruh masyarakat, terutama masyarakat ditiga dusun ini, terbukti dengan jumlah warga yang ikut melaksanakan gotong royong pada hari ini cukup banyak dengan membawa peralatan seperi cangkul, sabit, skop dll. 

“Kami juga sudah menghimbau kepada seluruh masyarakat melalui masjid yang mengharuskan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama tanpa terkecuali. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali budaya gotong royong yang selama ini hilang di tengah-tengah masyarakat.” Demikian yang diungkapkan oleh Keala Desa disela-sela gotong-royong. 

Kepala Desa Pagutan Syamsul Rizal, SH yang menginisisasi kegiatan ini berharap melalui kegiatan gotong royong ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali budaya gotong royong yang selama ini hampir hilang di tengah-tengah masyarakat, disamping itu melalui kegiatan ini semangat kebersamaan dan kesetiakawanan sosial dapat terjalin antar seluruh masyarakat desa Pagutan, dan yang lebih penting lagi kegiatan seperti ini sebagai bentuk penyadaran kepada masyarakat bahwa tidak semua pembangunan yang dilaksanakan didesa harus membebani pemerintah saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab masyarakat melalui swadaya. 

Lebih lanjut Rizal ( panggilan akrab) mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari sabtu muali jam 08.00- 11.00 dan terus akan berlangsung selama lima belas minggu sesuai dengan jumlah dusun yang ada di desa pagutan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati dengan semua kadus dan semua lembaga desa. Kegiatan tersebut rencananya akan melibatkan dari pihak pemerintahan desa, kecamatan, babinsa, babinkamtibmas dll. 

Jadwal gotong royong masing-masing dusun. 
  • Tanggal 2 februari : dusun Lembok Daye dan Lembok Lauk. 
  • Tanggal 9 Februari : Lendang Buwuh, Sangkawana dan Jejeneng 
  • Tanggal 16 Februari : Gubuk Baru 
  • Tanggal 23 Februari : Sangkawati 
  • Tanggal 2 maret : Genteng 
  • Tanggal 9 maret : Tunjang Utarta, Tunjang Selatan dan Tunjang Timur 
  • Tanggal 16 : Lendang Gocek 
Kepala desa berharap kegiatan gotong royong dapat dibudayakan kembali diseluruh Lombok tengah karena saying kalau budaya ini kita akan tinggalkan begitu saja, karena sangat-sangat besar manfaatnya terutama untuk membangun kembali budaya kebersamaan dan kekompakan antar masyarakat. Kegiatan ini juga sangat membantu pemerintah untyuk mengurangi beban anggaran yang kita tahu anggaran kita masih relatif kecil.

Write By : Pagutan Mandiri ~ Info tentang perkembangan Desa Pagutan

Article : Kegiatan Gotong Royong bersama warga Pagutan dan Pesinggahan Post By : Pagutan Mandiri
Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca tulisan ini. Kritik serta saran yang membangun untuk Pagutan Tercinta bisa anda tulis di form komentar di bawah ini,semoga bermanfaat
Share this article :

1 comment:

  1. manusia segai penguasa alam berusaha menginterpretasi ralitas kehidupannya dgn segala kemampuan olah pikir mereka, sehingga kita harus menjaga kelestarian lingkungn kita..semoga apa yg telah dilakukan oleh msyarakat desa pagutan sebagai manifestasi dari msh tertanamnya budaya gotong royong dibenak masyarakat desa pagutan
    dan semoga budaya gotong royong ini akan berimplikasi terhadap kehidupan yg bersih dan asri..salam

    ReplyDelete

 

e-Mail : pagutanmandiri@gmail.com
Jln.Pagutan Mandiri Pagutan Batukliang. Design By : Khocet Dot Com Powered by Blogger